Kamis, 15 Maret 2012

CFC

CFC

Lemari pendingin di beberapa negara berkembang masih menggunakan klorofluorokarbon (CFC) sebagai media pendingin yang selain mampu menahan panas atmosfer juga mengurangi lapisan ozon (lapisan yang melindungi Bumi dari radiasi ultraviolet ).

CFC adalah klorofluorokarbon, yaitu senyawa-senyawa yang mengandung atom karbon dengan klorin dan fluorin terikat padanya. Dua CFC yang umum adalah:

CFC-11 CCl 3 F
CFC-12 CCl 2 F 2

Kegunaan CFC

CFC merupakan zat-zat yang tidak mudah terbakar dan tidak terlalu toksik. Dengan demikian zat ini memiliki banyak kegunaan. CFC digunakan sebagai pendingin, bahan bakar untuk aerosol, untuk menghasilkan plastik busa seperti busa polistirena atau poliuretana yang memuai, dan sebagai pelarut untuk pembersihkeringan dan untuk tujuan-tujuan pengeringan minyak. Sayangnya, CFC dapat merusak lapisan ozon. Pada lapisan atmosfir yang tinggi, ikatan C-Cl akan terputus menghasilkan radikal-radikal bebas klorin. Radikal-radikal inilah yang merusak ozon. CFC sekarang ini telah digantikan oleh senyawa-senyawa yang lebih ramah lingkungan.

CFC juga bisa menyebabkan pemanasan global. Satu molekul CFC-11 misalnya, memiliki potensi pemanasan global sekitar 5000 kali lebih besar ketimbang sebuah molekul karbon dioksida. Di sisi lain, terdapat jauh lebih banyak karbon dioksida di udara ketimbang CFC, sehingga pemanasan global bukanlah sebuah masalah utama yang terkait dengan pengunaan CFC.

Sumber: http://www.dirgantara-lapan.or.id/jizonpolud/htm/cfc.htm
http://www.dirgantara-lapan.or.id/jizonpolud/htm/cfc.htm

UN 2017

Ujian Nasional 2017 Sudah mulai dekat.

Perlu persiapan untuk meningkatkan hasil prestasi siswa.

Sumbangsih dari beberapa pihak sangat diperlukan terutama Bapak/ Ibu Guru ( pendidik ), tenaga kependidikan, Komite, siswa, orangtua siswa, masyarakat umumnya yang peduli dengan Siswa - Siswi SMP Negeri 1 Wonosegoro.

Atas sumbangsih semua pihak kami ucapkan terimakasih.